Kamis, 09 Juli 2020

Manusia Itu Lemah dan harus Menyadari Dirinya Lemah

Manusia Itu Lemah dan harus Menyadari Dirinya Lemah

Sesungguhnya manusia yang selalu memperbaiki diri adalah manusia yang tahu akan kelemahan dirinya. Adakah manusia yang bisa menjamin akan kehidupannya di dunia? Adakah manusia yang bisa menjamin kehidupannya di akhirat? Tidak. Itu adalah bukti dari kelemahan manusia. Dia diciptakan dari setetes air mani, “Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari setetes mani yang bercampur yang Kami hendak mengujinya (dengan perintah dan larangan), karena itu Kami jadikan dia mendengar dan melihat.” (QS. Al-Insan :2)

Allah Swt. Menciptakan kita dari setetes mani yang kemudian Ia tiupkan ruh ke dalam jasad. Tak bisa dipungkiri oleh manusia sedikitpun bahwa dirinya itu lemah, tak punya daya apapun saat dilahirkan. Dia hanya bisa menangis, merengek, meminta perlindungan dari yang lebih kuat dari dirinya. Seorang bayi menangis setelah buang air, dia menangis karena respon yang bisa dia lakukan dari hasil kerjanya hanyalah menangis. Menangis meminta pertolongan pada kedua orang tuanya. Begitu pun saat lapar, dia akan menangis karena tindakan yang bisa dia lakukan hanyalah menangis.

Kelemahan adalah suatu identitas yang memang harus disadari setiap makhluk. Selalu ada batasan batasan fitrah dalam setiap perilakunya. Ciptaan selalu harus tunduk pada yang menciptakan, karena Yang Menciptakan tentu saja memiliki kekuatan. Berbeda dengan yang diciptakan, lemah dan tidak mempunyai apa apa.

Tidaklah seorang manusia pantas berbangga diri, merasa diri paling benar, paling suci, apalagi menganggap dirinyalah yang pantas masuk surga. Tidak. Itu tidak benar. Siapakah manusia yang begitu sombong bisa memastikannya selamat di hari pembalasan kelak?

=================

Yukk... ber-SEDEKAH

Ikut dukung berbagai program kebaikan, Pembangunan Pondok Pesantren Daarul Muhyi.

Rekening sedekah
Bank BSM (451)
Rek no. 7092909659
a.n Abdul Muhyidin
konfirmasi sedekah
0813-1867-3757
0813-8921-4162
0852-1826-6234

Ponpes Daarul Muhyi
-Mewujudkan Generasi Islam yang BerTaqwa, BerIlmu, Terampil, Sehat dan BerAkhlaqul Karimah-

Alamat : Jl. Ir Sutami No.6, RT.006/RW.002 Kampung Lio, Ds Mauk Barat, Kec. Mauk, Kab. Tangerang, Banten
Kode Pos 15530, Telp. 081318673757 (https://www.daarulmuhyi.blogspot.com)

#ponpes
#daarul_muhyi
#tadabbur
#tuntut_ilmu
#sedekah
#bersyukur
#NikmatnyaSedekah
#Pastiadabalasan
#sedekahrutin
#sedekahtiaphari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENJALIN KEDEKATAN DENGAN AL-QURAN

Penantian panjang menuju Bulan Ramadhan, bulan Syahrul Ibadan dan Syahrul Quran. Bulan Ramadhan bukan bulan televisi, tetapi bulan untuk m...