Jumat, 16 Oktober 2020

BERTEMANLAH DENGAN ORANG SHOLEH

Sesungguhnya timbangan seseorang dilihat dari teman- temannya, maka katakan kepadaku, siapa temanamu? Aku katakan kepadamu siapa kamu?, Manusia mengetahui baik dan tidaknya seorang dengan melalui dengan siapa ia berteman, bahkan pengaruh paling utama dalam membentuk karakter dan perilaku seseorang, adalah pertemanan. Maka jikalau berteman dengan orang baik maka akan membanjiri padanya kebaikan, sebaliknya berteman dengan orang- orang buruk maka secara pasti memberikan pengaruh yang buruk. Maka berteman dengan teman yang buruk adalah penyakit, dan berteman dengan teman- teman yang baik adalah obat.

Bahwa manusia menurut tabiat dan perangainya mudah terpengaruh dengan sahabat dan teman duduknya, dan melakukan perangai- perangai yang ia peroleh dari sahabatanya, dan seseorang diukur akhlaknya dan diketahui wataknya dengan melihat teman dan sahabat karibnya.Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah menanamkan hal itu dalam sabdanya,

” Seseorang pada agama sahabatnya, maka hendaklah kalian melihat siapakah yang menjadi sahabatnya.” (HR. Abu Daud)

Rasulullah telah menerangkan bahwa teman deket pengaruhnya sangat  jelas bagi seseorang dan akan berdampak dengan cepat. Dari Abu Musa Asy’ari, Rasulullah bersabda,” Permisalan teman duduk yang shalih dan buruk seperti penjual minyak wangi dan tukang pandai besi. Adapun penjual minyak wangi, bisa jadi ia akan memberiu minyak wangi atau kamu akan membelinya darinya atau kamu akan mendapatkan bau harum darinya. Adapun tukan pandai besi, bisa jadi ia akan membuat pakaianmu terbakar, atau kamu akan mendapat bau yang tidak sedap darinya.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Sesungguhnya sahabat yang buruk, jikalau kamu tidak mendapatkan darinya kecuali citra yang buruk maka itu suadah cukup menjadi keburukan bagimu, adapaun sahabat yang shalih kalau tidak sampai kepadamu citra yang baik maka itu cukup bagimu sebuah kebaikan. 

➖➖➖➖  
Yukk... ber-SEDEKAH

Ikut dukung berbagai program kebaikan, Pembangunan Pondok Pesantren Daarul Muhyi.

Rekening sedekah
Bank BSM (451)
Rek no. 7092909659
a.n Abdul Muhyidin
konfirmasi sedekah
0813-1867-3757
0813-8921-4162
0852-1826-6234

Ponpes Daarul Muhyi
-Mewujudkan Generasi Islam yang BerTaqwa, BerIlmu, Terampil, Sehat dan BerAkhlaqul Karimah-

📱FanPage: https://bit.ly/daarulmuhyi_fb
📷Instagram: https://bit.ly/daarulmuhyi
🌏Web: https://bit.ly/daarulmuhyi_web

#ponpes
#daarul_muhyi
#nasehat
#motivasi
#inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENJALIN KEDEKATAN DENGAN AL-QURAN

Penantian panjang menuju Bulan Ramadhan, bulan Syahrul Ibadan dan Syahrul Quran. Bulan Ramadhan bukan bulan televisi, tetapi bulan untuk m...