Minggu, 27 Desember 2020

Dunia Tak Lebih Berharga dari Sayap Nyamuk

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW menerangkan bahwa di hadapan Allah Ta'ala, dunia ini tidak lebih berharga daripada sebelah sayap nyamuk. 

Yang dicela dari dunia bukanlah ciptaan Allah di dalamnya seperti gunung, lautan, bulan, bintang, dan sebagainya melainkan tingkah polah manusia selaku makhluk yang diberi amanah oleh Allah untuk mengelolanya.

Betapa banyak kerusakan dan penyimpangan yang terjadi di muka bumi akibat hawa nafsu dan ketamakan manusia. Hal inilah yang sebetulnya dipandang rendah daripada sayap nyamuk. Sebab dunia dan isinya hakikatnya diciptakan untuk sarana beribadah pada Allah, namun banyak manusia menjadikannya sebagai tujuan hidup hingga melanggar aturan dan batasan Allah Sang Pencipta.

Berikut alasan-alasan mengapa dunia disifati dengan kerendahan :

✓ Penyakit cinta dunia yang ada di hati manusia menyebabkan ia mengagungkan dunia, padahal ia rendah dan hina di sisi Allah.

✓ Kecintaan pada dunia menyebabkan tujuan hidup seseorang hanyalah dunia semata, padahal Allah menciptakan dunia dan isinya ini sebagai sarana meraih ridha dan pahala dari-Nya. Namun sarana itu berubah menjadi tujuan.

✓ Kecenderungan hati pada dunia bisa menghalangi seseorang beramal untuk akhiratnya sebab ia sibuk menikmati kelezatan duniawi dan lalai dari nasib akhiratnya.

✓ Kecintaan pada dunia menyebabkan hati seseorang bergantung pada dunia. Merasa sesak jika perkara dunianya hilang dan merasa lega ketika bertambah.

✓ Mengutamakan dunia menyebabkan seseorang jatuh pada predikat sebodoh-bodoh manusia sebab orang yang berakal tidak akan memilih dan mengutamakan kehidupan yang fana dan semu daripada kehidupan yang abadi dan hakiki.

Wallahu a'lam
➖➖➖➖  
Yukk... ber-SEDEKAH

Ikut dukung berbagai program kebaikan, Pembangunan Pondok Pesantren Daarul Muhyi.

Rekening sedekah
Bank BSM (451)
Rek no. 7092909659
a.n Abdul Muhyidin
konfirmasi sedekah
0813-1867-3757
0813-8921-4162
0852-1826-6234

Ponpes Daarul Muhyi
-Mewujudkan Generasi Islam yang BerTaqwa, BerIlmu, Terampil, Sehat dan BerAkhlaqul Karimah-

📱FanPage: https://bit.ly/daarulmuhyi_fb
📷Instagram: https://bit.ly/daarulmuhyi
🌏Web: https://bit.ly/daarulmuhyi_web

#ponpes
#daarul_muhyi
#nasehat
#motivasi
#inspirasi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENJALIN KEDEKATAN DENGAN AL-QURAN

Penantian panjang menuju Bulan Ramadhan, bulan Syahrul Ibadan dan Syahrul Quran. Bulan Ramadhan bukan bulan televisi, tetapi bulan untuk m...