Selasa, 08 Desember 2020

KEBAHAGIAAN DUNIA DAN AKHIRAT

 Dari Abdullah bin Mas'ud  رَضِيَ اللّٰهُ عَنْهُ  : bahwa nabi ﷺ sering berdoa dengan mengucapkan:

« اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى » رواه مسلم

"Sesungguhnya aku memohon kepada-Mu petunjuk, ketakwaan, 'Iffah (kehormatan) dan kekayaan." (HR. Muslim)

Berkata Al-Allamah As-Si'diy  رَحِمَهُ اللّٰهُ تَعَالَىٰ :

Doa ini termasuk dari doa-doa yang paling komplit dan paling bermanfaat. Dan doa ini mengandung permohonan kebaikan dalam agama dan kebaikan dunia; karena "Al-Huda (petunjuk)" yang dimaksud adalah ilmu yang bermanfaat.

Dan "ketakwaan" yang dimaksud adalah amalan shaleh, dan meninggalkan apa yang telah dilarang Allah dan rasul-Nya. Dan dengan itu akan menjadi baik agamanya. Karena agama adalah ilmu yang bermanfaat, pengetahuan yang sebenarnya. Maka dialah petunjuk, dan menjalankan ketaatan kepada Allah dan rasul-Nya: maka itulah ketakwaan.

Sedangkan "iffah" dan "kekayaan" mengandung kehormatan dari semua makhluk, dan tidak bergantungnya hati kepada mereka. Dan merasa cukup dengan Allah dengan rezeki dari-Nya, dan merasa cukup dengan apa yang ada dalam pemberian-Nya, serta mendapatkan apa yang menentramkan hati dari kecukupan.

Dan dengan itulah akan menjadi sempurna kebahagiaan kehidupan dunia, ketenangan hati, dan itulah kehidupan yang baik.

Maka barangsiapa yang diberi petunjuk dan ketakwaan, kehormatan dan kecukupan, maka dia telah meraih dua kebahagiaan, dan telah mendapatkan setiap harapannya. Dan dia selamat dari setiap yang ditakutinya. Wallahu a'lam. 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENJALIN KEDEKATAN DENGAN AL-QURAN

Penantian panjang menuju Bulan Ramadhan, bulan Syahrul Ibadan dan Syahrul Quran. Bulan Ramadhan bukan bulan televisi, tetapi bulan untuk m...