Minggu, 27 Desember 2020

Istiqomah adalah Karamah Terbesar

Dari Sufyan bin Abdullâh ats-Tsaqafi, ia berkata, "Aku berkata, 'Wahai Rasulullah, katakan kepadaku di dalam Islam satu perkataan yang aku tidak akan bertanya kepada seorangpun setelah Anda!' Beliau menjawab, 'Katakanlah, "aku beriman", lalu istiqamahlah' ".(HR.Muslim, Ahmad, Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Imam Ibnu Rajab al-Hambali rahimahullah menjelaskan, “Istiqomah adalah meniti jalan yang lurus, yaitu agama yang lurus, dengan tanpa membelok ke kanan atau ke kiri. Dan istiqamah mencakup melakukan semua ketaatan yang lahir dan yang batin dan meninggalkan semua perkara yang dilarang. Maka wasiat ini mencakup seluruh ajaran agama”.

Selayaknya seorang hamba senantiasa bersungguh-sungguh dalam beristiqamah di atas jalan Allah yang lurus dan berusaha menjaga dirinya agar selalu taat pada Allah SWT.

Ada kalanya seorang hamba yang shalih mendapatkan karamah dari Allah Ta'ala berupa kejadian luar biasa yang keluar dari tabiat atau kebiasaan manusia dengan tujuan mengokohkan agamanya. Meski demikian, puncak dari karamah yang sesungguhnya adalah ketetapan dalam istiqamah.

Ibnu Taimiyyah rahimahullah berkata, “Puncak dari karamah ialah ketetapan dalam istiqamah. Maka Allah tidak akan memberi karamah bagi hamba-nya melebihi (karamah berupa) pertolongan-Nya untuk melakukan apa yang Ia cintai dan ridhoi, menambah kedekatan dengan-Nya, dan kemudian Allah mengangkat derajatnya” (Majmuu’ Al Fatawaa 11/298).

Oleh sebab itu, Ibnul Qoyyim rahimahullah menukil perkataan indah dalam Madarijus Salikin, "Jadilah orang yang beristiqamah, (dan) jangan menjadi pencari karamah karena sifat jiwamu itu tergerak mencari karamah, sedangkan Rabb-mu menuntutmu untuk istiqamah!.". Wallahu a'lam. 

➖➖➖➖  
Yukk... ber-SEDEKAH

Ikut dukung berbagai program kebaikan, Pembangunan Pondok Pesantren Daarul Muhyi.

Rekening sedekah
Bank BSM (451)
Rek no. 7092909659
a.n Abdul Muhyidin
konfirmasi sedekah
0813-1867-3757
0813-8921-4162
0852-1826-6234

Ponpes Daarul Muhyi
-Mewujudkan Generasi Islam yang BerTaqwa, BerIlmu, Terampil, Sehat dan BerAkhlaqul Karimah-

📱FanPage: https://bit.ly/daarulmuhyi_fb
📷Instagram: https://bit.ly/daarulmuhyi
🌏Web: https://bit.ly/daarulmuhyi_web

#ponpes
#daarul_muhyi
#nasehat
#motivasi
#inspirasi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENJALIN KEDEKATAN DENGAN AL-QURAN

Penantian panjang menuju Bulan Ramadhan, bulan Syahrul Ibadan dan Syahrul Quran. Bulan Ramadhan bukan bulan televisi, tetapi bulan untuk m...