Minggu, 27 Desember 2020

Sabar dan Kemenangan Selalu Berdampingan

Allah SWT berfirman, 

" Dan sungguh telah didustakan para Rasul sebelummu, maka mereka pun bersabar menghadapi pendustaan terhadap mereka dan mereka juga disakiti sampai tibalah pertolongan kami. " (QS. Al An'aam :34)

Ayat ini membicarakan tentang kesabaran para Rasul sebelum Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi gangguan dan pendustaan kaumnya. Lantas, kesabaran seperti apakah yang dipegang para Rasul?

Ketika menjelaskan makna sabar, Syaikh Muhammad bin Shalih Al ‘Utsaimin rahimahullah berkata, “ Sabar adalah meneguhkan diri dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, menahannya dari perbuatan maksiat kepada Allah, serta menjaganya dari perasaan dan sikap marah dalam menghadapi takdir Allah ….” (Syarh Tsalatsatul Ushul, hal. 24).

Dengan demikian, sabar harus ada dalam tiga keadaan, yaitu sabar dalam menjalankan ketaatan kepada Allah, sabar untuk tidak melakukan kemaksiatan pada Allah, dan sabar dalam menghadapi takdir Allah baik berupa hal yang menyakitkan yang berasal dari lingkungan sekitar maupun orang lain.

Para ulama mengatakan, di samping iman dan amal shalih, sebab terbesar meraih kemenangan, keberhasilan dan cita-cita yang tinggi adalah kesabaran. Semakin besar gangguan dan ujian yang menimpa, makin dekat pertolongan dan datangnya kemenangan.

Maka yang dibutuhkan tatkala menjalani ujian demi ujian dalam kehidupan ini adalah sikap sabar, yakni teguh dan konsisten dalam melaksanakan perintah Allah, menahan diri dari melanggar larangan dan batasan-Nya dan menahan diri serta hati dari marah atas takdir pahit dan musibah yang menimpa.

Barangsiapa bisa konsisten di atas ketiga sikap ini niscaya dia akan mendapatkan pertolongan Allah SWT berupa kebaikan dunia dan akhirat, ma'iyyah (kebersamaan) Allah atas semua urusannya, bimbingan dan petunjuk dalam semua aspek hidupnya, dan pahala yang tak terbatas di akhirat kelak. Itulah hakikat kemenangan seorang hamba. Wallahu a'lam.

➖➖➖➖  
Yukk... ber-SEDEKAH

Ikut dukung berbagai program kebaikan, Pembangunan Pondok Pesantren Daarul Muhyi.

Rekening sedekah
Bank BSM (451)
Rek no. 7092909659
a.n Abdul Muhyidin
konfirmasi sedekah
0813-1867-3757
0813-8921-4162
0852-1826-6234

Ponpes Daarul Muhyi
-Mewujudkan Generasi Islam yang BerTaqwa, BerIlmu, Terampil, Sehat dan BerAkhlaqul Karimah-

📱FanPage: https://bit.ly/daarulmuhyi_fb
📷Instagram: https://bit.ly/daarulmuhyi
🌏Web: https://bit.ly/daarulmuhyi_web

#ponpes
#daarul_muhyi
#nasehat
#motivasi
#inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENJALIN KEDEKATAN DENGAN AL-QURAN

Penantian panjang menuju Bulan Ramadhan, bulan Syahrul Ibadan dan Syahrul Quran. Bulan Ramadhan bukan bulan televisi, tetapi bulan untuk m...