Minggu, 27 Desember 2020

Memaafkan Kesalahan Orang Lain

Salah satu ciri orang bertakwa adalah sebagaimana yang disebutkan Allah SWT dalam QS. Ali Imran ayat 134 yang artinya,

" (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan."_

Dalam ayat ini, Allah SWT menyebutkan bahwa salah satu ciri orang bertakwa adalah menginfaqkan hartanya baik di waktu lapang dan makmur maupun di waktu susah dan miskin.

Selain itu, mereka adalah orang yang menyembunyikan amarahnya dan menahannya dalam hati. Kemarahan dekat dengan kedzaliman. Orang yang tidak mampu menahan kemarahannya akan cenderung berbuat dzalim pada orang lain.

Nah, orang yang bertakwa diberi kemampuan oleh Allah SWT untuk tidak memperlihatkan kemarahannya. Selain tidak memperlihatkannya, ia juga tidak membalas kesalahan yang dilakukan orang lain padanya padahal ia berhak membalas serta memiliki kemampuan untuk membalas.

Yang termasuk tindakan memaafkan adalah memaafkan segala hal yang terjadi akibat perbuatan orang yang telah berbuat buruk pada kita. Memaafkan itu lebih baik daripada sekedar menahan amarah sebab memaafkan adalah tindakan meninggalkan balas dendam disertai kelapangdadaan terhadap orang yang berbuat jelek.

Perbuatan menahan amarah dan memaafkan ini hanya bisa muncul dari pribadi yang menghiasi dirinya dengan akhlak yang terpuji.

Orang yang memiliki akhlak yang terpuji, memaafkan kesalahan hamba-hamba Allah sebagai bentuk kasih sayangnya pada mereka. Ia suka jika Allah mengampuni mereka dan benci jika keburukan menimpa mereka. Dengan sikap itu, ia mengharapkan pula ampunan dan kasih sayang Allah atas dirinya sebagaimana ia telah memaafkan dan mengharapkan kebaikan atas orang-orang yang berbuat salah padanya.

Dengan demikian ia pada dasarnya bertransaksi dengan Allah SWT. Inilah yang disebutkan dalam firman Allah, "Maka barangsiapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah." (QS. Asy-Syuara:40). Wallahu a'lam.
➖➖➖➖  
Yukk... ber-SEDEKAH

Ikut dukung berbagai program kebaikan, Pembangunan Pondok Pesantren Daarul Muhyi.

Rekening sedekah
Bank BSM (451)
Rek no. 7092909659
a.n Abdul Muhyidin
konfirmasi sedekah
0813-1867-3757
0813-8921-4162
0852-1826-6234

Ponpes Daarul Muhyi
-Mewujudkan Generasi Islam yang BerTaqwa, BerIlmu, Terampil, Sehat dan BerAkhlaqul Karimah-

📱FanPage: https://bit.ly/daarulmuhyi_fb
📷Instagram: https://bit.ly/daarulmuhyi
🌏Web: https://bit.ly/daarulmuhyi_web

#ponpes
#daarul_muhyi
#nasehat
#motivasi
#inspirasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MENJALIN KEDEKATAN DENGAN AL-QURAN

Penantian panjang menuju Bulan Ramadhan, bulan Syahrul Ibadan dan Syahrul Quran. Bulan Ramadhan bukan bulan televisi, tetapi bulan untuk m...